Mari Berbagi kebahagiaan di hari bahagiamu!

Tentang A Blessing to Share

Kami menyadari bahwa selalu ada perayaan setiap minggu di Indonesia, seperti pernikahan atau pesta perayaan lainnya. Hidangan untuk para tamu pun selalu disiapkan dalam jumlah yang lebih banyak, dan hal ini bisa menjadi tantangan sendiri bagi penyelenggara, terutama ketika ada banyak makanan yang berlebih.

Di sisi lain, kami juga mengetahui fakta bahwa masih banyak orang yang kesulitan mendapatkan makanan dan terpaksa hidup dalam kelaparan. Karena itu, kami hadir sebagai jembatan untuk menyelesaikan masalah ini. FoodCycle akan mengambil kelebihan makanan yang belum tersentuh dari pernikahan dan pesta perayaan lain, lalu menyalurkannya melalui mitra-mitra penerima manfaat kami seperti ke penampungan anak jalanan, panti asuhan, hingga rumah singgah pengungsi.

Cara Kerja

Hari bahagiamu jadi kebahagiaan juga untuk orang lain dengan menyumbangkan makanan berlebih dari pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara lainnya.

Penyelenggara Acara Mendaftar

Terbuka untuk individu maupun Event Organizer yang akan menyelenggarakan acara dengan potensi makanan berlebih.

Berkoordinasi dengan Contact Person yang disepakati

FoodCycle Indonesia akan berkoordinasi dengan Kontak yang disepakati tentang ada atau tidaknya makanan surplus.

Makanan Disortir, Dicek dan Disalurkan kepada yang berhak

Kami akan melakukan penilaian kulaitas makanan dan menyalurkannya kepada organisasi mitra dan komunitas marjinal lain yang membutuhkan.

Dampak

Hari bahagiamu jadi kebahagiaan juga untuk orang lain dengan menyumbangkan makanan berlebih dari pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara lainnya.

Dampak-1

± 300 Pasangan

dan Acara Telah Menyumbang

Dampak-2

± 10.000 Kg

Makanan yang Telah Dibagikan

Dampak-3

± 32.000

Orang Telah Menerima Makanan

Mari berdonasi dan jadikan momen spesial Anda menjadi
hari bahagia bagi orang lain juga!

FAQ

Untuk mengikuti program A Blessing to Share, anda cukup mengisi form yang ada di laman foodcycle.id/programs/a-blessing-to-share/

Daftarkan acara anda paling tidak H-14 sebelum acara diselenggarakan. Tim FoodCycle akan konfirmasi di H-7.

Anda hanya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak FoodCycle yang akan menghubungi anda setelah pengisian form atau H-7 sebelum acara diselenggarakan.

Makanan yang masih layak makan, yang posisinya masih berada buffet/banquet atau yang masih berada di dapur yang belum tersentuh sama sekali.

Silahkan konfirmasi pada pihak FoodCycle sesegera mungkin untuk menginformasikan ada/tidak nya surplus makanan.

Meskipun hanya nasi putih, kami akan tetap menerima surplus makanan tersebut.

Untuk makanan sisa dari piring tamu tidak dapat didonasikan.

Untuk makanan non halal, mohon agar konfirmasi terlebih dahulu pada pihak FoodCycle, agar kami dapat mengalokasikan surplus makanan non halal tersebut pada penerima manfaat yang statusnya non muslim.

Surplus makanan berlebih disiapkan dan dikemas oleh pihak penyelenggara acara. Selanjutnya akan diambil oleh Tim FoodCycle.

Surplus makanan lebih yang masih layak makan akan diambil oleh tim FoodCycle setelah acara selesai. Makanan tersebut selanjutnya akan langsung didistribusikan pada penerima manfaat yang telah ditunjuk oleh FoodCycle.

Untuk program A Blessing to Share, biaya distribusi / ongkos kirim akan dibebankan pada pasangan atau penyelenggara acara.

Tim FoodCycle akan mengatur pengiriman / pendistribusian surplus makanan berlebih pada penerima manfaat yang lokasinya tidak jauh dari venue acara. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu mahal, berkisar Rp. 30.000 – Rp. 100.000 (tergantung banyaknya makanan, jarak, dan platform instant kurir yang digunakan).

Anda akan mendapat laporan yang berisi total makanan yang anda donasikan, dokumentasi, serta doa dan ucapan selamat dari para penerima manfaat, yang akan kami kirimkan melalui WhatsApp/Email H+7 setelah anda berdonasi.

Sebelum mengkonsumsi makanannya, pihak penerima manfaat diwajibkan untuk cek kondisi makanan terlebih dahulu, dan diwajibkan pula untuk memasukan makanan ke dalam freezer apabila akan dikonsumsi di esok hari. Sebisa mungkin kami akan koordinasi pada pihak penerima manfaat untuk meminimalisir hal seperti itu terjadi.

id_IDIndonesian
Scroll to Top