BDS Kolaborasi dengan FoodCycle

Beranda

0
Makanan Berlebih Disumbangkan

Kg

0
Limbah Dikurangi (TPA)

Kg

0
Emisi CO2 Dicegah

Tons

0
Makanan Berlebih Disumbangkan

Kg

0
Limbah Dikurangi (TPA)

Kg

0
Emisi CO2 Dicegah

Tons

Tentang Program

DBS Foundation Food Waste Warrior adalah sebuah program nyata dalam memerangi limbah makanan yang terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Program ini merupakan program kerjasama antara DBS Foundation dan FoodCycle Indonesia, yang mengajak industri HOREKA untuk turut serta membantu mengurangi limbah makanan dengan mendaur-ulang menjadi pupuk dan sumber protein baru untuk pakan ternak dan menyelamat surplus makanan dengan menyalurkannya pada masyarakat yang membutuhkan.

Mengapa?

700 Ton Limbah Makanan dihasilkan
oleh sektor HOREKA
setiap harinya

Menghasilkan
140.000m3 Gas Metana yang menyebabkan perubahan iklim

Sementara Itu
22 Juta Orang Di Indonesia Masih hidup dalam kelaparan

Yang Kami Lakukan

Food Rescue

Program donasi surplus makanan layak makan

FoodCycle Farm

Pengelolaan Sampah Organik dengan Teknologi Pengomposan Biokonversi

Bagaimana Cara Kerja Food Rescue?

Menyelamatan makanan berlebih dari prasmanan di hotel, restaurant, pesta pernikahan, konferensi, seminar, dan acara lainnya. Kemudian mendistribusikan makanan yang diselamatkan tersebut pada masyarakat yang membutuhkan.

Mengumpulkan Surplus Makanan

Surplus makanan akan disiapkan dan diambil segera setelah PIC Hotel/Restaurant memberi tahu anggota tim FoodCycle

Mengantar Makanan Menggunakan Jasa Ojek Online

Ojek online akan mengambil makanan siap saji dan mengirimkannya ke lokasi penerima terdekat dalam zona waktu yang aman untuk dikonsumsi.

Makanan Diterima dan Didistribusikan

Makanan tersebut akan segera disajikan kepada masyarakat kurang mampu atau disimpan di cold storage untuk menjaga keamanan pangan

Bagaimana Cara Kerja FoodCycle Farm?

FoodCycle Farm merupakan program pemanfaatan sampah organik melalui teknologi biokonversi larva Black Soldier Fly (BSF). Produk yang dihasilkan digunakan untuk berkebun dan peternakan.

Mengumpulkan Sampah Makanan

Tim dapur hotel/restaurant bertanggung jawab memisahkan sampah organik ke dalam tempat sampah yang telah ditentukan dan menempatkannya di lokasi yang telah disepakati untuk diambil sesuai jadwal.

Mengolah Sampah Makanan

Tim FoodCycle datang pada waktu yang disepakati untuk mengambil sampah organik dan menerapkan teknologi biokonversi untuk pengelolaan sampah yang efisien

Memproduksi Sumber Protein dan Pupuk untuk Urban Farming

Proses biokonversi menghasilkan sumber protein baru dan pupuk organik. Sumber daya ini kemudian dimanfaatkan dalam pertanian perkotaan di lokasi penerima manfaat FoodCycle terpilih

Mitra Kami

Keuntungan Bergabung Dengan Kami

Meningkatkan Dampak Sosial Perusahaan

Dengan berpartisipasi melalui peningkatan kesadaran tentang limbah makanan dan kontribusi makanan bagi masyarakat yang membutuhkan, perusahaan Anda akan memiliki dampak sosial yang terukur. Sehingga brand perusahaan Anda menjadi semakin positif. 

Membantu Mengurangi Sampah Makanan Dibuang ke TPA

Perusahaan Anda telah berkontribusi mengatasi permasalahan sampah makanan di Indonesia.

Sumber Pangan Sirkular

Ubah sisa makanan Anda menjadi sumber makanan baru untuk kebutuhan bisnis Anda.

Memberi Makan Mereka yang Kelaparan

Perusahaan Anda berkontribusi pada tujuan baik dalam memberi makan masyarakat untuk mengurangi kelaparan

Mendapatkan Penghargaan Food Waste Warrior

Diakui sebagai perusahaan yang memiliki dampak sosial bagi lingkungan dan telah bekerjasama dengan badan pemerintah serta asosiasi terkait. 

Berita Terbaru

FAQ Food Rescue

Kami menerima jenis makanan apapun (masih layak makan) seperti; nasi, sayur, telur, tumis-tumis, daging dll.

*Untuk makanan non halal harus dikonfirmasi terlebih dahulu

Minimal donasi 5kg, dan akan langsung didistribusikan pada penerima manfaat yang sudah bermitra dengan FoodCycle, yang lokasinya paling dekat dengan donatur.

Tim operasional FoodCycle akan berkoordinasi melalui WhatsApp Group dengan penanggung jawab yang ditunjuk oleh donatur untuk mengatur jadwal pengambilan makanan edible tesebut.

Menggunakan jasa instant kurir seperti; Lalamove, Grab Express, Gosend, atau jasa instant kurir lainnya.

Tidak ada biaya untuk donasi makanan edible, hanya dibutuhkan kerjasama untuk melakukan packing dengan baik dan aman hingga sampai ke tangan yang membutuhkan.

Packing menggunakan wadah/kontainer tertutup yang aman untuk makanan (food grade).

Wadah / kontainer makanan akan disediakan oleh penerima manfaat yang ditunjuk oleh FoodCycle (tergantung kesepakatan bersama).

Wadah / kontainer makanan dapat digunakan berulang (reusable)akan dibersihkan dan dikembalikan pada donatur oleh penerima manfaat untuk kembali diisi dengan makanan edible di kemudian hari.

Tidak harus setiap hari. Tergantung kondisi makanan berlebih saja, bisa 2-3 hari sekali, seminggu sekali, bahkan diperbolehkan menyumbang hanya pada saat event tertentu saja.

Donatur akan mendapatkan laporan bulanan / laporan pertanggung-jawaban (LPJ) atas donasi yang telah disumbangkan. Laporan yang dikirimkan melalui email (tergantung kesepakatan).

FAQ FoodCycle Farm

Kami dapat mengelola segala jenis sampah makanan (organik) dengan catatan jenis sampah makanan ini harus terpilah, terpisah dari jenis sampah lainnya (yang bukan sampah makanan)

Pihak hotel/restoran/katering/kafe harus memilah sampah makanan (organik) dan non organik. Setelah itu, sampah makanan akan diambil oleh tim FoodCycle Farm dengan minimal berat sebanyak 30Kg. Jadwal pengambilan sampah makanan dapat dibicarakan, menyesuaikan jadwal operasional kedua-belah pihak.

Apabila sudah ada kesepakatan kerjasama, FoodCycle Farm akan menyediakan beberapa ember sampah makanan yang akan diambil ketika beratnya sudah mencapai 30Kg.

Idealnya, sampah makanan dapat diambil pada sore hari setelah kegiatan operasional/shift berakhir, atau ketika pagi hari sebelum operasional/shift dimulai.

Program pengolahan limbah adalah program berbayar, namun untuk program Food Warrior ini kami menawarkan free trial 1 bulan untuk onsite service pickup atau 3 bulan untuk pickup service

Jika anda tertarik dengan program ini, akan ada kesepakatan penandatanganan MOU terlebih dahulu, sebelum menjalankan program.

  • Lingkungan kerja anda menjadi lebih bersih karena tidak ada sampah basah / sampah makanan
  • Mengurangi biaya pengangkutan sampah
  • Program ini dapat dijadikan sebagai CSR perusahaan
  • Turut serta menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi sampah makanan yang dibuang ke TPA
id_IDIndonesian
Scroll to Top